Davy Wee, CEO The Manhattan FISH MARKET International

Restoran Seafood Waralaba Gaya Amerika Menggurita

The Manhattan FISH MARKET Tunjuk PT. Mitra Manna Menjadi Mitra Bisnis
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ada banyak restoran menawarkan beragam menu andalannya untuk memikat hati para pelanggan. Bahkan, bagi penyuka masakan jenis seafood, sepertinya tak lagi kesulitan dalam menemukan tempat favorit.

Ini Ragam Pilihan Bisnis Waralaba dengan Modal Rp3 Juta

Biasanya, selain berharap dapat memanjakan lidah untuk menyantap kelezatan makanan-makanan laut tersebut, hal lainnya yang diinginkan adalah tempat yang nyaman. Dan ternyata, banyak studi yang mengemukakan bahwa seafood memiliki nutrisi yang sangat penting, seperti omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, protein, asam lemak, dan mineral.

Meskipun mengandung nutrisi yang sangat penting, ternyata tetap saja ada masyarakat yang enggan untuk mengonsumsi seafood. Menurut mereka, seafood bisa menyebabkan kesehatan terganggu. Meski kenyataannya seafood bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Akan tetapi, bagaimana rasanya apabila menikmati ragam kuliner seafood di ibu kota sambil merasakan sensasi akan suasana dan gaya Amerika?

Sejak pembukaan pertamanya di Jakarta, tepatnya di Grand Indonesia pada Desember 2009, The Manhattan FISH MARKET terus berkembang. Ya, restoran seafood dengan gaya Amerika pertama kali di Indonesia ini kini telah melebarkan sayapnya di lebih dari lima restoran, salah satunya berada di Bali.

"Salah satu kunci yang berbeda dari bisnis waralaba ini adalah komitmen kami dalam bermitra franchise untuk menggapai sukses. Kami sangat senang dengan perkembangan dan pertumbuhan tim Indonesia," ujar Chief Executive Officer (CEO) The Manhattan FISH MARKET International, Davy Wee, kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Merek Dikuasai Pihak Lain, IKEA Alam Sutera Tetap Buka

Wee mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir, The Manhattan FISH MARKET telah beroperasi di lebih dari 50 restoran di tujuh negara yang berbeda. Termasuk, Malaysia, Singapura, Thailand, Sri Lanka, Oman, dan Myanmar.

Menurut dia, tidak lama lagi, juga akan kembali dibuka restoran pertama di Jepang dan India. "Di kedua negara itu akan dilakukan pada kuartal pertama 2015. Berikutnya, pada pertengahan tahun ini di Bangladesh dan Qatar," ujar pengusaha yang berdomisili di Singapura itu.

Target lainnya, dia menjelaskan, akan membuka pasar baru di Filipina, Tiongkok, dan Timur Tengah.

Bisnis Quick Chicken Pratikkan Filosofi Jenderal Sudirman

Bagaimana di Indonesia?
Pada kesempatan yang sama, Wahono Saputra selaku Direktur PT Mitra Manna, perusahaan yang ditunjuk sebagai pemegang lisensi The Manhattan FISH MARKET di Indonesia menyampaikan bahwa akan menambah sebanyak 17 cabang baru dalam lima tahun ke depan. Di kota Medan, kata dia, dijadwalkan untuk beroperasi pada kuartal pertama 2015.

"Sekitar bulan Februari atau Maret 2015, outlet terbaru akan berada di Medan," tuturnya.

Apa yang menjadi kunci sukses dari bisnis The Manhattan FISH MARKET itu, VIVA.co.id berkesempatan untuk mewawancarai Davy Wee usai penandatanganan kerja sama dengan Mitra Manna.

Wawancara berlangsung di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis 8 Januari 2015, berlangsung dalam suasana santai dan menyenangkan. Berikut petikannya:

The Manhattan FISH MARKET Tunjuk PT. Mitra Manna Menjadi Mitra Bisnis

Apa tujuan lisensi master franchise dari restoran yang Anda kelola, termasuk di Indonesia?

Tujuannya untuk memiliki mitra yang tepat, yang memiliki pemahaman lebih baik tentang wilayah operasional, dan dalam jarak yang lebih dekat untuk mengoperasikan dan mengendalikan bisnis lebih baik.

Apakah rincian kesepakatan besar antara kedua perusahaan, seperti bagian dari manajemen merek, pengawasan kualitas, resep makanan, operasi restoran, peralatan, hingga bahan-bahan?

The Manhattan FISH MARKET International (MFM) memberikan dukungan penuh dalam hal manajemen merek, resep makanan, pengetahuan restoran berdasarkan pengalaman mereka menjalankan 70 + dari restoran di dunia. Master franchise berkomitmen untuk mempertahankan standar yang diberikan, guna menjalankan bisnis di bawah standar dunia dari MFM International.

Dari mana bahan makanan untuk restoran ini, apakah diimpor dari Singapura?

Bahan baku langsung dibeli di Indonesia untuk memastikan kesegaran dan kualitas tertinggi.

Apa yang membuat The Manhattan FISH MARKET ingin mengembangkan mereknya di Indonesia?

Indonesia adalah pasar yang sangat berkembang, dengan penduduk kelas menengah yang terus berkembang pesat. Populasi yang masih muda juga sangat cocok untuk target pasar MFM. Selain itu, dengan mitra yang kuat dan stabil (PT Mitra Manna), MFM International sangat yakin bahwa merek akan tumbuh terus di Indonesia.

The Manhattan FISH MARKET Tunjuk PT. Mitra Manna Menjadi Mitra BisnisMengapa The Manhattan FISH MARKET memilih PT Mitra Manna sebagai penerima waralaba utama untuk Indonesia?

PT Mitra Manna telah menunjukkan kemampuannya, karena telah mengoperasikan bisnis MFM selama 5 tahun terakhir. Perusahaan juga telah membangun kantor pusat yang kuat di Jakarta untuk lebih mendukung ekspansi di seluruh negeri.

Siapa yang menjadi target pasar dari bisnis MFM ini?

Kelompok usia 15-35 tahun.

Apa strategi dan rencana pemasaran MFM di Indonesia?

Strategi inti kami adalah untuk melayani makanan laut Amerika WOW, dalam suasana FUN dengan harga yang terjangkau.

Apa yang membedakan MFM di masing-masing negara, seperti menu maupun dekorasi dari restorannya?

Dekorasi diarahkan menuju gaya urban, muda, dan gaul, yang memberikan suasana atau perasaan yang berbeda dibandingkan dengan restoran lain di tiap-tiap negara.

Apakah MFM merupakan restoran seafood gaya Amerika pertama di Indonesia?

Ya. MFM adalah restoran seafood gaya Amerika pertama di Indonesia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya