Mike Brown: Jika Semua Pakai Uber, Tak Ada Macet di Jakarta

Michael Brown, Uber
Sumber :
  • Vivanews/AmalNN

VIVAnews - Kemunculan aplikasi "Uber" diharapkan bisa mengantisipasi macet di Jakarta. Meski banyak menuai protes di beberapa negara, petinggi Uber yakin jika aplikasi ini cukup bagus dan menarik.

Michael Brown, yang dikenal sebagai seorang venture capitalist dengan Foundation Capital dan Partech International, ditunjuk sebagai Regional Manager Uber untuk Asia Tenggara. Di Jakarta, Mantan Direktur International and Corporate Development Twitter dan Facebook itu memperkenalkan aplikasi Uber dan keuntungan yang akan didapat.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Jebolan Yale University dan Stanford’s Graduate School of Business itu meyakinkan masyarakat jika aplikasi ini menjamin keamanan dan kenyamanan pengendara.

Berikut wawancara VIVAnews dengan Mike Brown di The Plaza Office, Jakarta beberapa waktu lalu.

Bisa Anda ceritakan apa inspirasi pertama yang memunculkan layanan Uber?

Ya, kenapa Uber ini pertama kali muncul adalah berdasarkan pengalaman pendiri kami. Dia mendapatkan macet padahal dia harus melakukan sebuah konferensi. Tapi saat itu ia tak mendapatkan mobil, padahal ini soal yang simpel, dan itu memang hal yang bodoh dan amat buruk.

Akhirnya pada akhir hari itu juga, pendiri Uber membuat perangkat lunak untuk dirinya sendiri dan juga teman-temannya, yang memungkinkan untuk sekali pencet dalam suatu tombol, maka akan langsung mendapatkan mobil. Jadi itu inspirasi kelahiran Uber.

Selanjutnya kami butuh untuk berkembang dengan baik di manapun di dunia ini, dengan memberikan tawaran mobil yang indah dan mengantarkan ke mana Anda pergi.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Uber kan baru di Indonesia, jadi bagaimana perbandingannya dengan penerapan Uber di berbagai kota di Asia Tenggara?

Uber App sama di seluruh dunia. Satu-satunya perbedaaan di antara beberapa kota yaitu produk yang berbeda. Misalnya di Indonesia kami hanya memperkenalkan produk Uber Black.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Uber Black merupakan layanan khusus dengan mobil warna hitam.

Jadi apa alasan untuk memilih produk Uber Black di sini?

Perusahaan menemukan di AS, umumnya menggunakan mobil hitam. Kami mempertimbangkan banyak warna mobil di beberapa tempat. Ada kuning, tapi yang paling populer yaitu layanan mobil warna hitam.

Jadi di sini kami pilih memang hanya Uber Black, mobil dengan warna hitam. Ini mewakili mobil mewah, yang biasanya ada di Camry, Mercedes E-Class. Uber Black juga ada di seluruh dunia.

Soal sentuhan lokal Uber yang ada di sini, apakah Uber menyediakan itu? apa contohnya?

Mungkin belum untuk saat ini, tapi saya berharap ada tim lokal di Jakarta, yang mana mereka mengembangkan pemasaran dan promosi lokal dan produk lokal yang khas sesuai kebutuhan Jakarta. Tapi untuk saat ini kami belum memilikinya. Tapi saya tegaskan tim yang di Jakarta mulai bekerja.

Apa tepatnya sentuhan lokal itu, apakah berupa perbedaan layanan, produk atau paket?

Belum bisa dibeberkan. Yang kami sampaikan yaitu sudah ada tim lokal yang bekerja untuk promosi dan pemasaran.

Kami hanya mengatakan peluncurannya hari ini, itu saja yang bisa disampaikan.

Strategi apa yang dikembangkan untuk menumbuhkan Uber di Jakarta? Cukup hanya menyewa kalangan selebritis untuk mengkampanyekan Uber?

Strategi pertama yaitu membangun kemitraan dengan beberapa organisasi di Jakarta, yang memiliki anggota dan bisnis yang luas, bisa organisasi seperti perbankan, perusahaan telekomunikasi, klub malam, restoran bahkan maskapai.

Mereka (perusahaan itu) bisa memperkenalkan layanan Uber kepada pelanggan mereka. Ini salah satu cara untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat, apa itu Uber dan bagaimana Uber bekerja, kenapa perlu menggunakan ini.

Kami sudah melakukan kerjasama lokal di Jakarta belum lama ini dan kami juga punya beberapa mitra di kawasan Asia Tenggara.

Apa jenis kerjasamanya?

Mungkin saja ada tarif gratis, juga bisa saja sebuah diskon. Itu mungkin contoh yang akan kami lakukan.

Pertumbuhan Uber dipandang cukup potensial seperti Facebook. Padahal keduanya jenis aplikasi yang berbeda. Tanggapan Anda?
Memang, pertumbuhan Uber sangat pesat. Untuk itu kami ada banyak sopir di seluruh dunia.

Kami dengar CEO Uber dan Facebook membicarakan sinkronisasi dua layanan, yang memungkinkan pesan layanan Uber melalui Messenger Facebook?

Saya justru belum mendengar soal itu. Mungkin Anda lebih tahu soal ini.
Tapi saya tidak bisa menjelaskan soal ini. Tentu ada timnya masing-masing. Uber punya tim kemitraan dengan perusahaan lain. Saya tidak bisa menjelaskan itu, ada tim yang sudah menjawab bagian ini.

Jakarta terkenal dengan problem macet akut. Sedangkan layanan Uber menawarkan mobil bisa datang dalam 5-10 menit. Bagaimana mengatasi hal ini?

Memang ini sulit dan berat. Untuk itu kami memang butuh banyak mobil Uber di jalanan. Jadi saat Anda membutuhkan Uber, maka itu akan dekat dengan posisi Anda. Karena jika kondisi macet, maka anda butuh waktu lama untuk mendapatkan mobil Uber.

Makanya argo itu memastikan Anda bisa mendapatkan Uber dengan cepat sesuai yang Anda inginkan. Jadi setidaknya dalam 5 menit atau di bawahnya, mobil Uber sudah datang.

Kami juga punya tim untuk itu, yang memastikan mobil sesuai yang diminta. Jadi saat orang memesan mobil Uber, maka dioptimalkan yang terdekat dengan Anda. Jadi mobil akan bergerak mendatangi Anda dengan cepat.

Apakah mobil Uber difokuskan di titik tertentu?

Kami punya mengoperasikan mitra yang memiliki mobil di selatan kota ini (Jakarta Selatan). Karena area ini merupakan wilayah yang paling populer di kota ini. Jadi dari situ, kami siap dengan permintaan ke mana pun.

(Uber menyasar kawasan bisnis di Jakarta sebagai lokasi favorit, misalnya kawasan pusat bisnis SCBD)

Soal rute, apakah Uber melayani rute pusat kota hingga luar kota atau pinggiran kota?

Ya mungkin saja. Jika orang mau, itu dapat dilakukan. Bisa juga ke Jakarta-Bogor, kami on demand, artinya Anda bisa minta ke mana saja. kami lakukan yang terbaik, selama ada permintaan.

Apa mobil Uber akan tersedia di Jakarta di manapun dan kapan pun?

Kami tidak bisa memastikan mobil Uber ada di mana-mana di Jakarta, tapi kami komitmen yang kami lakukan yaitu mengembangkan layanan di area pusat Jakarta.

Kami berikan layanan handal, dan di nantinya akan menambah lebih banyak mobil sehingga mampu menjangkau di banyak tempat di Jakarta. Untuk jadwal, mobil Uber tersedia dalam 24 jam.

Jika beroperasi 24 jam, bagaimana dengan kepastian keamanan selama pelayanan?

Saya sudah sampaikan pada awal hari ini, bahwa kami benar-benar mengecek latar belakang sopir mobil Uber, ini untuk memastikan kami tak mendapatkan sopir yang memiliki latar belakang dan mengendarai dengan buruk. Selain itu, kami juga pastikan anda berkendara dengan pengalaman terbaik.

Dan jika kami menemukan sopir mengendarai dengan nakal atau buruk, kami langsung bertindak, memungkinkan untuk langsung memecatnya dari sistem, karena kami hanya membutuhkan sopir yang baik.

Kami juga tidak akan melanjutkan kerjasama dengan sopir yang memiliki performa yang jauh dari level yang ditentukan.Perlu Anda ketahui, pengecekan latar belakang sopir ini sudah kami lakukan sebelum sopir menjadi mitra kami. Semua sopir dilakukan pengecekan itu. Ini hal penting.

(Sebagai pengalaman berkendara yang handal, Uber memiliki Community Manager yang akan selalu siap menjawab setiap pertanyaan pengguna. Jika ada masalah dengan sopir Uber, Driver Operations Manager Uber siap menjawab keluhan. Uber memastikan membaca setiap email, tweet yang masuk ke inbox. Setiap perjalanan Uber dilacak dengan GPS).

Uber menyewa perusahaan rental mobil mewah. Bisa disebutkan berapa mitra perusahaan dan apa jenis perusahaan itu?

Ya kami bekerja sama dengan perusahaan rental mobil. Tapi maaf kami tidak bisa menyebutkan itu, termasuk berapa mitra rental kami. Maaf.

Jika nanti Uber App makin populer di sini, apa langkah yang akan disiapkan?

Tentu kami nanti itu, itu tujuan kami. Jika semua orang di Jakarta menggunakan Uber App tentu tak ada kemacetan di Jakarta, kota ini akan menjadi kota yang indah, langit akan tetap biru, udara akan jadi bersih, karena jumlah mobil yang kita butuhkan jauh lebih sedikit dari yang kita lihat hari ini, orang akan lebih berbagi dengan mobil Uber. Jika itu terjadi, itu jadi hari yang bagus.

Ada langkah usai peluncuran di Uber Jakarta?

Kami akan melanjutkan ekspansi layanan bisa ke lebih banyak kota di Indonesia. Siapa tahu nanti ada produk dan layanan yang akan kami tawarkan.

Ke depan akan ada beberapa percobaan produk di masa depan, termasuk di Jakarta. Tapi tidak kami sampaikan pada kali ini.

Bagaimana dengan kota populer, misalnya Bali?

Itu bukan rencana spesifik kami. Kami saat ini hanya fokus di Jakarta. Ada banyak kota di Indonesia yang punya peluang besar potensial, tak hanya Bali saja.

Tapi kami tak berbagi cerita tiap rencana untuk kota lain selain Jakarta. Kami benar-benar fokus di sini. Kami tak mengomentari rencana selain di sini.

Ada aplikasi lokal yang mirip dengan Uber, misalnya nebeng.com, ini punya skema yang mirip tapi bukan berbasis bisnis, hanya berbasis sukarelawan. Tanggapan Anda?

Tidak ada rencana untuk itu (voluntary base). Kami tetap senang dengan produk saat ini (dengan skema bisnis yaitu membayar). Itu (Konsep nebeng.com) memang ide yang menarik, tapi itu bukan yang kami kerjaan saat ini, kami tidak melakukan ini berdasarkan donasi atau dasar menolong. Karena produk kami berbasis bisnis.

Soal media pembayaran hanya melalui Kartu Kredit atau debit saja. Kenapa tidak fleksibel dengan uang tunai?

Ya, tentu di banyak negara di dunia, kartu kredit sudah digunakan oleh mayoritas orang sampai saat ini.  Jadi itu merupakan media pembayaran yang paling nyaman sebab dipakai banyak orang di dunia.

Kami memang menyadari di Indonesia memang yang memakai kartu kredit lebih sedikit, tapi masih banyak orang Indonesia yang sudah menggunakan kartu kredit. Tapi sepajang waktu nanti bisa ada pengembangan untuk pembayaran yang kami lakukan.

Amerika dan singapura juga menggunakan kartu kredit karena di sana hampir 100 persen orang memiliknya. Jadi itu semua merekomendasikan agar menggunakan produk perbankan.

(Soal tarif Uber di Jakarta, mulai dari Rp7000, dengan per menit Rp500 atau Rp2850 per Km. Untuk biaya pembatalan Rp30.000, dan minimal fare Rp30.000).

Uber Apps

Aplikasi Uber di Kota London, Inggris.

Terkait data pribadi saat pengguna memesan mobil Uber. Bagaimana Anda mengelolanya dan pemesana Uber?

Oke. Anda harus mengunduh aplikasi Uber terlebih dahulu. Kemudian jika Anda ingin memesan mobil Uber, harus mengisi nama, nomor telepoon, email dan kartu kredit Anda.

Informasi kartu kredit kami kelola secara aman. Kami mengenkripsi informasi ini, denga sistem yang kami punya yaitu PayPal. Kami tidak menyimpan informasi spesifik kartu kredit pengguna.

Yang kami simpan hanyalah data nama, nomor telepon dan email. Nomor telepon diperlukan agar sopir kami nanti bisa memanggil Anda bisa kami sudah cukup dekat sedangkan email diperlukan untuk memberitahu pengguna usai memesan Uber, ini terkait pemberitahuan pembayaran.

Apakah ada kemungkinan nanti Uber memberikan produk yang menyasar kalangan menengah?

Ya, memang di beberapa pasar kami memperkenalkan produk dengan mobil kategori menengah dengan harga yang rendah. Tapi kami tidak memiliki produk ini di Jakarta.

Untuk produk mobil menengah ada di Singapura, Sydney, Beijing, Kuala Lumpur, dan beberapa kota lain di AS. Produk ini dinamakan UberX. Soal tarif memang UberX ini sangat, produk yang baguslah untuk kalangan menengah.

Apakah ada sorotan pengguna Uber di Jakarta dibandingkan dengan kota lain di Asia Tenggara?

Saya pikir itu semua sama, sebagai basis pengalaman berkendara. Bagaimana mengedukasi kalangan profesional, bagaimana menjadi penikmat teknologi, menjadikan mindset yang lebih internasional dan benar-benar memberikan kualitas nilai dengan mobil mewah yang kami tawarkan.

Itu lah yang bisa dibagi antara pengguna di Jakarta dengan pengguna di Singapura, Malaysia atau yang lainnnya.

Bagaimana perbandingan perkembangan Uber di negara berkembang dengan negara maju?

Yang ingin saya sampaikan bahkan di pasar yang baru, Uber tumbuh lebih cepat. Jadi ini bukan soal bagaimana pasar negara berkembang dengan negara maju.

Kami ingin mencari orang di mana saja agar benar-benar menyukai Uber, mereka benar-benar menyukai produk, melihat mobil dari peta, dan kehandalan layanan.

Saya tidak menyebutkan angka untuk hal ini. tapi catatan saja, permintaan Uber makin meningkat. Pertumbuhan Uber di Jakarta tercatat lebih cepat, luar biasa dibandingkan kota lain di Asia. Bahkan lebih cepat dari Eropa dan AS.

Jadi ini bukan negara berkembang dan negara maju. Kami ingin ini ada di tiap negara.

Kemunculan Uber App, banyak menuai demontrasi di Eropa. Setelah hadir di Jakarta, bagaimana antisipasinya?

Uber Black itu bukan aplikasi pemesanan taksi. Jadi bagi orang yang membutuhkan smartphone dan butuh sebuah mobil misalnya Camry, Mercedez E-class.

Kita tidak dapat mengendalikan apa yang diinginkan orang. Kami hanya mengendalikan dengan pengalaman berkendara, sopir yang benar-benar menyetir, dan ini bagus untuk mendapatkan uang.

Kami tidak mengantisipasi setiap masalah di sini, karena ini adalah produk yang bagus. Kami tidak bisa mengantisipasi apa yang diinginkan dan kami tidak bisa mengendalikan apa yang diinginkan orang.

Jadi saya tak bisa berkata soal protes beberapa perusahaan dan sopir taksi. Saya berharap sopir dengan ini bisa mendapatkan cara yang menarik mendapatkan uang.

Dan mereka (sopir taksi) bisa menjadi mitra kami, sebab kami menghasilkan uang. Jadi kami tidak mengantisipasi eskalasi yang ada di sini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya