Minyak Mentah Pertamina Meluber ke Jalanan di Palembang

Mobil tangki minyak pertamina
Sumber :
  • photobucket.com

VIVAnews - Pipa milik PT Pertamina di jalur Tempino-Plaju, Sumatera Selatan, kembali bocor, Jumat 23 Agustus 2013. Lokasi pipa bocor berada di Jalan Sersan Sani, Kelurahan Pipa Reja, Kecamatan Kemuning, Palembang.

Akibat kebocoran pipa, kendaraan yang melintas di sekitar lokasi harus berjalan secara perlahan. Sejumlah pengendara roda dua bahkan ada yang terjatuh akibat jalan yang licin lantaran minyak mentah milik Pertamina itu meluber ke jalan.

Informasi yang dihimpun, warga mengetahui pipa mengalami kebocoran sejak pukul 05.30 WIB. Hingga saat ini, petugas masih berusaha mengatasi kebocoran. Belum diketahui pasti penyebab kebocoran itu. Jumlah minyak yang terbuang akibat kebocoran ini juga tidak ketahui.

"Kami belum mengetahui bocornya karena apa. Apakah ini illegal typing, atau memang bocor sendiri," kata petugas yang berada di lokasi dan tak mau menyebut namanya.

Sementara itu, PT Elnusa sebagai perusahaan jasa perawatan pipa milik PT Pertamina EP di sepanjang jalur Tempino-Plaju, memastikan bahwa minyak mentah yang tumpah ke jalan bukan karena kebocoran pipa.

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu

Menurut Humas PT Elnusa, Rahman, tumpahan minyak terjadi karena kegiatan plesing (pembersihan) pipa lama yang sudah tidak berfungsi lagi dan bukan karena illegal typing.

"Kami sedang melakukan plesing ke pipa lama yang sudah tidak terpakai. Karena masih ada sisa-sisa minyak di dalamnya. Memang ada beberapa titik bocor, sehingga minyaknya keluar, bocor itu karena pipa sudah lama," kata Rahman saat ditemui di lokasi.

Plesing terhadap pipa lama ini dilakukan sejak malam dan merupakan kegiatan rutin. Pembersihan mulai dilakukan dari Km 8 hingga Km 27. Saat ini, minyak yang telah keluar dari pipa sudah ditampung ke mobil vakum.

"Minyak yang tercecer di jalan sudah kami bersihkan dengan menggunakan mobil vakum. Memang ini masuk jalur Tempino-Plaju jalur B2, tapi sudah tidak dipakai lagi," katanya.

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Sebelumnya, akibat mengalami kebocoran di jalur yang sama beberapa waktu lalu, PT Pertamina sempat menghentikan aktivitas pengaliran minyak mentah. Namun, pertengahan Agustus lalu, pengaliran sudah kembali dilakukan.

Setelah proses perbaikan akibat pipa yang dilubangi pencuri minyak selesai, Pertamina EP kembali memompa minyak mentah hingga ke Bentayan. Pertamina memastikan, pipa di jalur Tempino–Plaju yang rusak akibat aksi pencurian beberapa waktu lalu sudah dapat beroperasi secara normal.

Untuk mengantisipasi aksi pencurian, Pertamina sudah berkoordinasi dengan aparat berwajib dari Kepolisian dan TNI untuk melakukan penjagaan di lokasi-lokasi yang rawan pencurian. (art)

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami lonjakan peringkat yang cukup signifikan. Kini, rangking FIFA Indonesia ada di peringkat 134. Ada 8 negara Eropa yang peringkatnya di bawah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024