Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan:

"Kabut Asap, Wajar Singapura Protes"

Menhut Zulkifli Hasan mengelus burung Rangkong (Enggang) asal Kalimatan
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia kembali 'mengekspor' kabut asap ke negara tetangga. Tahun ini, Singapura menjadi negara dengan dampak terparah. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menilai wajar jika Singapura sampai protes.

Dalam dua kesempatan wawancara dengan VIVAnews, Kamis 20 Juni 2013, Zukifli menjelaskan bahwa sebagian besar lahan yang terbakar di Riau berupa perkebunan dan pertanian. Hutan yang terbakar hanya 20 persen saja dari total lahan yang terbakar.

Namun yang sulit, beberapa areal yang terbakar adalah

Pingin Segera Tarung di MK, PKB Harap KPU Umumkan Pemenang Pilpres Malam Ini

Zukifli Hasan menjabat sebagai Menhut sejak 22 Oktober 2009 di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Politisi PAN kelahiran Penengahan, Lampung Selatan, 17 Mei 1962 ini merampungkan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana pada 1996. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan S2 di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan lulus pada tahun 2003.

Dia mengawali karir politiknya melalui Partai Amanat Nasional bentukan Amien Rais. Pada periode 2004-2009, dia dipercaya menjabat Ketua Fraksi PAN DPR RI.

Berikut wawancara Zulkifli:

Kabut asap menyelimuti Riau, bahkan sampai Singapura. Ini murni kebakaran hutan atau ada aksi pembakaran?
Sebagian besar kebakaran itu ada di luar kawasan hutan. Ini areal perkebunan dan pertanian.

Kamis pagi, kami rapat di Kemenko Kesra. Di Riau, ada 100 lebih titik api. Dari total areal yang terbakar, pertanian dan perkebunan itu hingga 80 persen. Hutan itu kira-kira 20 persen saja.

Dari Kehutanan, kami perbantukan pasukan pemadam hutan (Manggala Agni) untuk memadamkan api di di luar kawasan, yang 800 hektare itu. Oleh karena itu, perlu ada optimalisasi dari kementerian, lembaga terkait, dan pemda.

Walaupun gubernur lagi ada masalah, bupati juga lagi pilkada, tapi masalah ini bagian dari tugas pokok. Dua negara tetangga kita protes karena banyak asap yang mengganggu di sana dan disebut ada di ambang batas. Protes mereka wajar.

[Gubernur Riau Rusli Zainal ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus suap pembahasan Perda PON di Riau tahun 2010 dan kasus Pengesahaan Pemanfaatan Hasil Hutan pada Tanaman Industri tahun 2001-2006 di Palelawan, Riau]

Di daerah mana saja titik api?
Sekitar 800 hektare itu ada di Bengkalis, Pelelawan, Kota. Itu di luar kawasan pertanian dan perkebunan. Jadi memang banyak yang buka lahan untuk perkebunan karena land clearing itu kan biasanya dibakar.

Jadi kebakaran di kawasan siapa?

Jadi 80 persen di luar kawasan (Kehutanan). Kawasan hutan yang terbakar itu hanya 20 persen. Kalau menangani kebakaran hutan lebih mudah karena ada perusahaannya dan ada Manggala Agni (Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Indonesia). Nah, yang di luar itu, kami sifatnya membantu.

Pembakaran hutan kerap dilakukan perusahaan-perusahaan besar yang ingin membuka lahan. Sikap Kemenhut?
Tidak usah saling menyalahkan. Kalau ada yang masih membakar-bakar (hutan) akan kami tindak tegas. Kebakaran itu kan untuk membuka lahan. Land clearing.

Salah satu agenda rapat di Kemenko Kesra (Kamis lalu) adalah membahas masalah ini. Kami minta agar aparat melakukan tindak tegas. Kan ada sanksinya 5 tahun.

Perusahaan dari Singapura dan Malaysia?

Menko Hadi Rapat Bareng Kabareskrim hingga Menkominfo, Cegah Info Hoaks Pasca Pemilu

Kami tidak akan salahkan si A atau si B. Kalau ada yang langgar, kami minta tegas. Kalau ada perusahaan yang disinyalir membuka lahan dengan cara membakar, kami minta aparat untuk menindak tegas. Sekarang, kita harus bersatu. Meski kebakaran bukan di kawasan kami, tetap inisiatif. Walau banyak juga disalahkan.

Sekarang kita bersatu padu segera padamkan di Riau itu. Walaupun itu tidak mudah karena lahan gambut itu. Kalau sudah terbakar susah dipadamkan.

Kami tidak bicara perusahaannya. Mari kita bersama-sama padamkan api.

PT Rumpun itu dari Singapura?

Oh, itu nanti panjang lagi ceritanya.

Penanggulangan kebakaran yang di luar kawasan hutan?
Ya, tetap tanggung jawab kita semua, bangsa Indonesia. Oleh karena itu tadi rapat di Menkokesra, saya mengajak seluruh kementerian, lembaga, termasuk di dalamnya pemerintah daerah. Kita harus all out, sungguh-sungguh untuk segera menangani kasus ini. Tidak hanya Manggala Agni, tapi semua pihak tekait.

Tapi, anggaran terbatas, soalnya di luar hutan. Kalau kita pakai APBD, kan nanti jadi temuan. Oleh karena itu, kami meminta yang lain juga ikut segera memadamkan.

Pemerintah Singapura protes keras?
Karena kabut asap, wajar Singapura protes dan keberatan. Wong negaranya dapat asap. Pernafasan warganya kan bisa terganggu. Jadi kalau protes itu wajar.

Tetapi sebagai negara tetangga yang juga banyak dapat manfaat dari Indonesia, kami minta mereka menyampaikan protes itu dengan cara yang tepat dan pas.

Ini kabut asap paling parah landa Singapura?

GRT Anak Anggota DPR RI Jalani Sidang Perdana Kasus Pembunuhan di PN Surabaya

Wah, enggak betul itu.

Desakan Singapura dan Malaysia agar Indonesia segera tangani kabut asap?
Kami terbuka. Jika Malaysia dan Singapura ingin ikut memadamkan lahan gambut, ya silakan. (eh)

Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Demo di DPR dan KPU

Ada Demo, Arus Lalu Lintas Menuju Depan DPR Dialihkan Hingga Pukul 18.00 WIB

Jalan arteri depan Gedung DPR/MPR RI telah ditutup buntut aksi demo atau unjuk rasa di sana, hari ini Selasa, 19 Maret 2024. Hal itu diungkap Kepala Bagian Operasional Di

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024